Makanan Sehat untuk Anak

Makanan Sehat untuk Anak

Tumbuh kembang anak yang optimal akan didapatkan melalui asupan nutrisi yang berasal dari makanan. Namun demikian asupan makanan yang dikonsumsi anak juga tidak sembarangan, melainkan harus mengacu kepada piramida makanan gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak. Apa saja jenis nutrisi yang harus dipenuhi dalam makanan sehat untuk anak?

Apa Saja Jenis Nutrisinya?

Berikut ini akan disampaikan beberapa jenis nutrisi makanan sehat untuk anak yang harus dicukupi asupan hariannya sebagaimana diolah dari berbagai sumber terkemuka, yaitu:

  1. Karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber tenaga yang digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas harian, seperti bersekolah, bermain ataupun belajar. Pemenuhan nutrisi karbohidrat dapat diperoleh dari konsumsi nasi, roti, jagung, kentang, gandum atau serealia. Karbohidrat juga bisa dipenuhi melalui makanan singkong atau ubi yang bisa digunakan sebagai camilan.
  2. Protein. Protein merupakan nutrisi penting yang berguna untuk regenerasi sel dan proses berpikir anak. selain itu protein juga berguna untuk proses tumbuh-kembang anak. Asupan protein harian bisa didapatkan melalui konsumsi telur, ikan dan kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan olahannya yaitu tahu dan tempe.
  3. Makanan Sehat Untuk AnakVitamin dan mineral. Vitamin dan mineral dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembantu proses dan sistem biokimia tubuh melalui pembentukan serangkaian enzym dan hormon yang menunjang kelangsungan hidup serta proses tumbuh-kembang anak. pemenuhan asupan vitamin dan mineral harian dapat dicukupi melalui konsumsi buah dan sayur. Apabila konsumsi buah dan sayur tidak terlalu disukai anak, bisa juga dipertimbangkan pemberian multivitamin khusus untuk anak.
  4. Lemak. Lemak selain digunakan sebagai sumber energi, juga digunakan untuk pembentukan kolesterol yang membantu pembentukan hormon steroid. Hormon steroid berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan organ genital anak. Selain itu kolesterol juga berguna untuk membungkus lapisan syaraf. Kegunaan lemak yang lainnya adalah pelarut vitamin A, D, E dan K yang akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh. Pemenuhan asupan lemak bisa didapatkan dari konsumsi kuning telur, daging berlemak, susu dan keju. Namun demikian konsumsi lemak hendaknya tidak berlebihan karena dapat memicu obesitas pada anak.

Demikianlah beberapa jenis nutrisi makanan sehat untuk anak yang harus dicukupi asupan hariannya agar tumbuh-kembang anak makin optimal. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*


× five = 45

Histats.com © 2005-2012 Privacy Policy - Terms Of Use - Powered By Histats